Halaman

Sabtu, 16 Juni 2012

PEDOMAN DALAM MEMBIUS ARWANA

Banyak orang takut untuk membius arowana bila ada sesuatu terjadi misalnya mencabut kutu, menggunting insang yang terlipat, memotong ekor yang hancur dan lain-lain. Memang orang yang tidak pernah melakukan pembiusan pasti ada kemungkinan bisa panik. Jadi penulis dalam artikel ini ingin memberikan pedoman dalam membius arowana yang sudah dipraktekan oleh penulis sendiri. Dan akan dijelaskan dengan sesimple mungkin.

Alat-alat yang perlu disiapkan :

1. Plastik sesuai ukuran ikan, lebih besar lebih bagus 2 buah. (1 untuk bius, 1 untuk waktu mau kembalikan aro ke akuarium)
2. Pinset kecil / gunting kecil yang tajam dan steril (direbus pake air mendidih dulu atau direndam di alkohol)
3. Obat Bius (dalam hal ini penulis memakai merek ocean free)
4. Kain basah
5. Antibiotik untuk mencegah infeksi

Step 1
Isi Plastik 2 dengan air akuarium kira2 1/4 plastik (dipakai pada saat mau kembalikan aro ke akuarium, berguna sekali kalau akuariumnya besar dan airnya sedikit sehingga jarak air dengan bagian atas akuarium cukup jauh).

Step 2
Tangkap aro anda dengan plastik 1 kemudian usahakan air hanya pas dengan punggung aro dengan cara membuang air pakai gayung atau langsung pada saat tangkap di akuarium. Hati2 karena aro anda ada kemungkinan bisa loncat2 jadi pegang erat2 plastiknya.





Step 3
Masukkan obat bius sesuai takaran 1ml untuk 3 liter air ke dalam plastik berisi aro anda. Dalam pemakaian obat bius (fish stabilizer) merek ocean free hati2 jangan sampai kebanyakan karena obat bius merek ini sangat efektif / kuat. Sedikit saja aronya langsung pingsan. Jadi kasih sedikit demi sedikit sampai aronya dipegang tidak gerak2 lagi. Ada satu merek lagi aquadine yang tidak terlalu keras tapi boros pemakaiannya. karena biasanya habis 1/4 botol baru aronya pingsan.








Step 5
Pindahkan aro anda yang masih pingsan ke plastik 2 yang berisi air akuarium fresh. Kemudian pelan2 masukkan aro anda ke dalam akuarium tapi masih di dalam plastik. Arahkan power head / aerator yang ada oksigennya ke arah plastik sampai insang aro anda bergerak baru dilepaskan ke akuarium. Biasanya aro anda akan sadar 1-3 menit kemudian tergantung seberapa banyak obat bius yang diberikan. Di pedoman obat bius ada tertulis ikan akan sadar dalam periode 3 jam. Kalau aku baca seh ngeri 3 jam bisa jantungan kita nungguin aro kita sadar. :)





                                                 arowana yang masih teler / baru sadar

Step 6
Masukkan antibiotik untuk mencegah infeksi kalau ada pendarahan karena pencabutan atau pengguntingan bagian tubuh arowana. Dalam kasus ini penulis memakai sera backtopur.







SELAMAT MENCOBA....!!!


original site : http://www.aroclubindonesia.com/bius.html



4 komentar:

  1. Thanks kawan, info ini sangat berguna.
    Tetapi, saya masih bingung dan tidak tahu Berapa Dos Ubat Bius yang perlu diberikan kepada aro sekiranya saya menggunakan plastik seperti yang ditonjolkan dalam gambar diatas.

    Bagaimana jika Dos Ubat bius nya itu sedikit(satu titik)? adakah ia akan memberikan apa-apa kesan? atau tiada kesan langsung kepada aro?

    BalasHapus
  2. Mksh infonya sy mau cuba2 bs menservise aro mumpung wfh

    BalasHapus
  3. Best titanium belly button rings for poker | Titanium Art
    › Titanium-Arts implant grade titanium earrings › Titanium-Arts Top 10 Titanium Belly titanium chainmail Belly Bar Pots For Poker Players. I started playing nier titanium alloy poker for a while back but titanium or ceramic flat iron it just kinda sucked. titanium mesh

    BalasHapus