Halaman

Sabtu, 12 Mei 2012

ARWANA JUGA BISA BERTEMAN


Sebagaimana kita ketahui Arowana / Arwana adalah ikan yang bersifat soliter yang umumnya dipelihara secara individual dalam akuarium. Namun untuk menghindari kejenuhan dalam memelihara arwana, para hobiis sering menggabungkan dengan ikan lain baik dengan jenis arwana juga maupun dengan jenis ikan hias yang lainnya.

COMMUNITY TANK

Artinya memelihara beberapa arwana dalam satu aquarium. biasanya arwana arwana yang dipelihara berjumlah minimal 3 ekor, atau jika berdasarkan kepercayaan feng shui hobiis menyatukan sekitar 8 - 9 ekor arwana bahkan lebih dalam satu akuarium.

Tren ini mewabah dikalangan hobiis dikarenakan sangatlah indah melihat arowana dalam jumlah banyak berenang secara bersamaan didalam akuarium yang memberikan kesan gagah dan elegan. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika hobiis memiliki commtank seperti ini yang jika lalai dapat berakibat fatal bagi ikan kesayangan kita

1.1. KAPASITAS AKUARIUM

Akuarium haruslah luas serta disesuaikan dengan jumlah dan besar ikan arwana yang akan disatukan. Pastikan anda memiliki sistem filtrasi yang baik dan juga pasokan oksigen yang cukup banyak. biasanya hobiis sudah tidak menggunakan akuarium lagi apabila jumlah ikan yang akan dimasukkan cukup banyak dan sudah besar - besar, tetapi menggunakan akuarium dinding yang besar atau yang biasanya disebut paludarium dimana akuarium ini terbuat dari betonan dengan kaca pada bagian depannya.

1.2. PENGURASAN DAN PEMBERIAN PAKAN

Mengingat jumlah ikan yang cukup banyak yang membuat akuarium lebih cepat kotor , perlu dilakukan proses penggantian air akuarium yang lebih sering dibandingkan dengan perawatan akuarium biasa yang hanya terdiri satu ekor ikan saja. Perhatikan selalu kualitas airnya agar tidak terjadi hal yang fatal.

Pemberian pakan juga harus diberikan dengan jarak waktu yang lebih sering mengingat pada setiap saat pemberian pakan belum tentu semua ikan ada di dalam akuarium tersebut mendapatkan jatah makanannya.


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN COMMTANK

kelebihan commtank adalah kita tidak perlu menyediakan jumlah akuarium yang banyak dengan semakin banyaknya koleksi ikan arwana kita. Namun ada beberapa kekurangan dari commtank mengingat arwana adalah ikan yang bersifat soliter dimana tiap individu memiliki daerah kekuasaannya sendiri sehingga agak sulit untuk memelihara arwana yang 100% dalam kondisi mulus. Karenanya disarankan mencari arwana yang masih dalam satu partai atau satu angkatan untuk meminimalisir kemungkinan berkelah. kedua adalah masalah penyakit. Jika ada dalam kelompok ikan yang terkena penyakit maka kita haruslah jeli dan cepat mengangkat ikan yang sakit tersebut untuk dikarantina, karena dapat berakibat fatal bagi seluruh ikan yang ada didalam akuarium. Jiak kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sudah pasti kemungkinan-kemungkinan tersebut dapat diantisipasi

TANKMATE

jenis ikan hias apa saja yang cocok dipelihara bersama arwana? Arwana adalah tipe ikan surface dweller atau berenang diats permukaan air. Untuk itu pilihlah ikan yang umumnya berenang di daerah bawah akuarium (bottom dweller) sehingga kemungkinan untuk berkelahi dapat diminimalisir. Ukuran ikan pun harus diperhatikan karena jika tidak sesuai maka ikan lainnya akan dilahap oleh arwana karna dianggap sebagai pakan/umpan. Pilih juga jenis ikan yang hidup di suhu dan pH yang sesuai dengan ikan arwana. Selain itu perlu dipastikan tersedianya pasokan oksigen yang cukup dan memadaidan sistem filtrasi yang bagus. Pemberian pakan jangan sampai telat agar tidak ada kemungkinan tankmate itu akan saling menyerang. Berikut ini beberapa jenis ikan hias yang dapat disatukan dengan Arwana. 

1. Kapiat Bangkok

Ikan Kapiat bangkok adalah ikan yang paling umum disatukan dengan arwana. Bentuknya seperti wajig dengan ekor berwarna hitam atau kemerahan, sedangkan jenis kapiat albino berwarna putih kekuningan dengan mata berwarna merah. Ikan kapiat juga berfungsi sebagai cleaning service dikarenakan ikan ini akan melahap sisa sisa makanan dari arwana itu sendiri seperti jangkrik.

2. Silver Dollar

Ikan silver dollar yang berbentuk bulat dengan warna keperakan cocok untuk disatukan dengan arwana yang masih kecil. Ikan ini juga memakan remahan arwana dan tidak bersifat jail. Satukan lima ekor silver dollar dengan ikan arwana anda untuk menghindari stress pada arwana.





3. Redtail Catfish

Ikan ini berbentuk bulat lonjong dengan corak bintik bintik batik hitam kecoklatan disertai dengan ekor yang berwarna kuning kemerahan. Perhatikan ukuran dari ikan ini jika ingin dijadikan Tankmate arwana. Ukuran haruslah berimbang. jangan sampai ikan yang dipilih ukurannya jauh lebih besar atau bahkan lebih kecil dari arwana anda.


4. Tiger Catfish

Ikan hias asal afrika ini biasa disebut dengan lele macan. bentuk tubuhnya lonjong memanjang dan mempunyai corak tubuh loreng seperti halnya macan. Ingatlah untuk selalu memperhatikan ukurannya jika ingin disatukan dengan arwana anda.





5. Tiger Fish

Tiger fish atau ikan macan juga indah untuk dijadikan tankmate arwana. Bentuk ikan ini adalah kotak dengan bagian muka meruncing dan mempunyai motif seperti macan. Ukuran ikan ini bisa mencapai ukuran yang lumayan besar sehingga perlu diperhatikan pada saat akan digabungkan dengan ikan arwana.



6. Pari Motoro

Pari motoro atau pari hias dengan corak beraneka ragam juga sangat populer untuk dijadikan tankmate arwana. Disamping harganya yang cukup tinggi ikan ini juga memiliki keindahan corak yang sangat menawan, Ikan ini cocok disatukan dengan arwana dikarenakan ikan ini termasuk jenis bottom dweller atau berada dibawah permukaan bahkan selalu di dasar air.




*  Disadur dari Majalah d'fishes No 17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar