Pada umumnya arowana menyukai pakan yang masih hidup dan berupa serangga. Namun adapula pakan beku yang diberikan kepada ikan arowana itu sendiri seperi frozen blodworms, frozenshrimp, dan juga beefheart atau beef liver. Pemberian pakan ang bervariatif ini juga mempunyai fungsi ang berbea beda untuk ikan arowana itu sendiri.

Spoiler for Frozen Bloodworms:
Cacing darah beku atau frozen bloodworms banyak tersedia di sentra penjualan ikan hias. Cacing beku ini biasa diberikan pada anakan ikan arowana yang masih kecil dimana berukuran 8 cm yang biasa disebut fries. Pemberian pakan pada ikan arowana yang masih kecil dapat diberikan lebih sering misalnya per tiga sampai empat jam dengan porsi yang sesuai dikarenakan anakan ini lebih memerlukan asupan pakan untuk pertumbuhan ikan itu sendiri. Mulai ukuran 12 cm arowana barulah sudah dapat diberikan pakan dengan variasi lainnya.

Spoiler for Jangkrik:
Jangkrik adalah pakan utama dari ikan arowana dan khususnya di Indonesia hewan ini paling mudah untuk didapat dan juga diternakan. Jangkrik sangat baik untuk memacu perkembangan warna dari arowana khsusnya untuk jenis golden red dan juga superred arowana dikarenakan adanya kandungan betacarotene dari serangga tersebut. Pilh jangkrik yang masih muda untuk keudahan pemberian pakan ini. Sebelum diberikan pada ikan arowana sebaika kaki panjangnya diputus terlebih dahulu karena adanya bagian tajam dari kaki ini yang dikhawatirkan akan melukai ikan kesayaan kita. Simpan jangkrik di kandang khusus di rumah anda jika anda memiliki arowana yang cukup banyak. Atau dapat disimpan dalam pet home yang bayak terdapat di pasar. Ada metode lainnya dari penyimpanan jangkrik yaitu dengan cara dibekukan. Namun ikan arowana pada dasarnya menyukai pakan hidup dan pemberian pakan ang bersifat mati/ beku ini harus dilaukan degan cara pembiasaan dahulu terhadap ika arowana. Cara membekukan jangkrik sangatlah mudah. Beli jangkrik hidup dan langsung masukan ke dalam toples kaca. Tutup toples tersebut rapat rapat dan langsung masukan jangkrik ke dalam freezer. Setelah beberapa lama ambil botol tersebut dan lakkan gerakan mengocok dengan satu hentakan dimana cara ini membaut kaki jangkrik terutama kaki lompatnya lepas dengan sendirinya. Setelah itu jankrik siap untuk diberikan ke arowana.

Spoiler for Kodok:
Pemberian kodok bagi ikan arowana juga dapat diberikan khususnya ntuk memacu pertumbuhan ikan arowana. Namun saya selalu menyarankan pemberian jangkrik sebagai menu diet utama bagi arowana dan pakan lainya dapat diberikan hanya sebagai selingan saja. Kodok dapat memacu pertumbuhan ikan arowana dikarenakan kodok mengandung banyak lemak dan daging sehingga akan menjadi sumber makanan yang baik untuk perkembanan ikan. Cari kodok yang masih berukuran kecil sehingga mudah untuk dilahap leh ikan kita. Namun pemberian kodok ni juga tergantung kebiasaan karna ada saja ikan yang tidak terbiasa dengan kodok dan pada sat diberikan kodok kan kita tidak mau melahapnya. Beli kodok secukupnya ntuk persediaan pakan di rumah dikarenakan kodok kalau disimpan terlalu lama juga kurang awet dengan pengertian cepat mati.

Spoiler for Ulat German/ Superworms:
Ulat German atau Superworms juga dapat diberikan untuk arowana terutama untuk mempercepat pertumbuhan ikan itu sendiri dikarenakan banyaknya kandungan lemak pada jenis ulat tersebut. Saat ini ulat German sudah banyak tersedia di pasar dikarenakan sudah semakin banyak pula orang yang mengembangbiakkan ulat ini. Namun sekali lagi jangan terlalu sering memberikan pakan ini dikarenakan jika terlalu banyak dapat meyebabkan arowana panas perut dan biasanya bisa mengakibatkan penyakit ambein atau disebut protuding anus pada ikan arowana. Gunakan pakan ini sebagai supplemen bagi ikan arowana agar kan tidak merasa jenush dengan menu makanannya.

Spoiler for Udang:
Udang sangat baik untuk ikan arowana terutama untuk memacu perkembangan warna ikan. Ada dua cara pemberian pakan ini yaitu pemberian pakan yang masih hidup atau udang yang sudah dibekukan atau disebut frozen shrimp. Pemberian frozenshrimp sangat lazim digunakan oleh hobiis hobiis arowana di Singapura dikarenakan mengingat faktor praktisnya dan juga keterbatasan mereka dalam memperoleh jangkrik. Dalam pemberian pakan udang ini saya juga menyarankan pada saat diberikan ke ikan arowana bagian kepala terutama sungutnya sebaiknya diputus dahulu dikarenakan bagian tajam tersebut takut menusuk ikan arowana kita.

Spoiler for Kecoak:
Banyak sekali pro dan kontra tentang pemberian kecoak sebagai pakan arowana mengingat kecoak berasal dari sumber ang tidak bersih dan dikhawatirkan akan membawa bibit penyakit bagi ikan kesayangan kita. Namun tidak dipungkiri kecoak adalah pakan yang ampuh bagi arowana terutama jika diberikan pada ikan arowana yang sedang terkena penyakit hilangnya nafsu makan atau yang disebut dengan penyakit mogok makan. Untuk meminimalisasi bibit penyakit, saat ini orang sudah banyak yang berhasil menernakkan kecoak terutama jenis kecoak madagascar dimana ukurannya lebih besar. Berikan kecoak ini pada saat arowana mogok makan sebagai pakan selingan dan jika sudah mau makan kembali berikan meu diet seperti biasanya yaitu jangkrik sebagai menu utama dari arowana.

Spoiler for Kadal dan Cicak:
=Kadal dan cicak juga dapat diberikan sebagai makanan selingan bagi arowana. Hewan ini sangat baik tertama untuk pertumbuhan kan arowana. Sekali lagi hal ini harus dicoba karena tidak semua arowana biasa memakan hewan ini. Berikan sebagai menu selingan saja mengingat hewan ini juga mulai sulit didapat dan tidak semua sentra ikan hias menyediakan menu ini.

Spoiler for Kelabang:
Kelabang dapat dikatakan sebagai menu favorit dari ikan arowana.Disamping dagingnya yang cukup tebal keabag juga sangat baik untuk perkembangan warna ikan arowana karena cangkangya juga anyak mengandung betacarotene. Namun saya menyarankan untuk hanya memberikan kelabang sebagai menu selingan saja dikarenakan disamping harganya yang cukup mahal pemberian kelabang ini bisa mengakibatkan arowana kita mogok makan begitu kita suguhkan menu makanan yang biasa kita berikan pada ikan arowana. Di alamnya kelabang banyak terdapat di dermaga kapal atau merayap di lambung perahu atau sampan dan jika arowana melihat adanya kelabang ini biasanya ikan akan melompat dan langsung melahap serangga ini. Kelabang yang diberikan adalah kelabang kelapa atau yang disebut kelabang medan yang mempunyai ukuran tubuh yang cukup besar. Cara pemberian kelabang yang aman adalah jepit kelabang dengan capitan lalu gunting dahlu semua kakinya untuk faktor keamanan. Kadang kaki kelabang tersebut dapat mencengkeram cukup kuat dan dapat melukai arowana kta terutama yang ditakutkan adalah menusuk bagian mata dari arowana.berikan pakan kelbang ini sebagai selingan misalya seminggu sekali pada hari minggu.

Spoiler for Ikan Mas:
Emberian ikan mas juga dapat diberikan sebagai menu selingan bagi kan arowana dikarenakan banyak mengandung lemak yang sangat baik ntuk pertumbuhan ikan itu sendiri. Namun jangan memasukan kan mas dalam jumlah yang banyak ke dalam akuarium kita dikarenakan jika ikan arowana diberikan pakan ang sifatnya tenggelam ke dalam akuarium dapat memacu terjading penyakit mata turun. Arowana sebiknya diberikan pakan yang mengambang di permukaan air. Ka mas juga ipercaya banyak mengandung bibit penyakit. Ada satu cara yang dapatkita lakukan jika kita mau memberikan pakan ian mas ke ikan kesayangan kita yaitu dengan mencuci dahulu ikan mas di larutan methylene blue atau larutan air PK. Baru stelah itu ikan dapat kita berikan sebagai umpan pakan ikan arowana kita.

Spoiler for Frozen Beef Liver and Beef Heart:
Bebrapa hobiis juga memberikan potongan jatung sapi atau hati sapi yang sudah dibekukan sebaga pakan ikan arowana. Ingat hal ni juga tergantung kebiasaan dari ikan peliharaan kita dikarenakan tidak semua ikan mau menyatap menu ini kecuali melalui proses pembelajaran terlebih dahulu. Hati sapi juga sangat baik utuk memacu perkembangan warna pada ikan dan juga bagus untuk pertumbuhan ikan dikarenakan bayak kandungan lemaknya.